Selasa, 14 Oktober 2008

BUDDHA DHAMMA (AGAMA BUDDHA)

Agama Buddha biasanya lebih dikenal dengan nama Buddha Dhamma. Seluruh ajaran dari Sang Buddha Gotama dapat disarikan dalam satu kata saja, yang dalam bahasa Pali disebut Dhamma atau dalam bahasa Sansekerta disebut Dharma. Bahasa Pali adalah bahasa yang dipergunakan oleh masyarakat di kerajaan Magadha, pada masa hidup Sang Buddha Gotama.

Dhamma berarti kesunyataan mutlak, Kebenaran Mutlak atau Hukum Abadi. Dhamma tidak hanya ada dalam hati sanubari manusia dan pikirannya, tetapi juga dalam seluruh alam semesta. Seluruh alam semesta terliputi olehnya. Jika sang bulan timbul atau tenggelam, hujan turun, tanaman tumbuh, musim berubah, hal ini tidak lain disebabkan oleh Dhamma. Dhamma merupakan hukum abadi yang meliputi alam semesta, yang membuat segala sesuatu bergerak sebagai dinyatakan ilmu pengetahuan modern, seperti ilmu fisika, kimia, hayat, astronomi, psikologi dan sebagainya.

Dhamma adalah kebenaran semesta dari segala sesuatu yang berbentuk dan yang tidak berbentuk. Sedangkan sifat Dhamma adalah abadi. Ia tidak dapat berubah atau diubah.

Dengan demikian Buddha Dhamma adalah Dhamma yang disadari dan dibiarkan oleh Sang Buddha Gotama. Ada atau tidak ada Buddha, Hukum abadi (Dhamma) itu akan tetap ada sepanjang jaman. Sang Buddha bersabda : "O para bhikku, apakah para Tathagata muncul (di dunia) atau tidak, Dhamma akan tetap ada, merupakan hukum yang abadi".

Sumber : (Dhammaniyama Sutta)

Tidak ada komentar: